Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut

Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut

Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut

Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut
Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut

Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut Akibat Berenang Di Kolam Renang Dan Kamu Pasti Akan Mengalami Kerusakan Rambut Akibat Klorin. Apakah kamu sangat rajin berenang atau hanya ingin sesekali berenang di kolam renang, kamu pasti akan mengalami sedikit kerusakan rambut akibat klorin. Jika kamu bertanya-tanya bagaimana Cara Menghilangkan Klorin dari rambut, kamu berada di artikel yang tepat ya teman-teman. Dalam artikel ini kami akan memberi tahu kalian bagaimana Cara Menghilangkan Klorin pada rambut sehabis berenang ya teman-teman. Meskipun klorin adalah bahan kimia yang di perlukan untuk mencegah masuknya bakteri berbahaya ke dalam air, klorin tidak ada gunanya bagi rambut kita loh.

Klorin dapat membahayakan rambut, sebab ia bisa; merusak rambut, mengeringkan rambut. Menghilangkan minyak alami pada rambut, menjadikannya rapuh dan juga menyebabkan perubahan warna pada rambut ya teman-teman. Bertentangan dengan anggapan umum, klorin saja tidak selalu membuat rambut menjadi hijau ya. Air memiliki banyak kandungan mineral seperti tembaga dan besi di dalamnya. Misalnya, jika kamu memiliki air sumur dan tidak menggunakan filter apa pun, baik pada pancuran atau sumur, rambut kamu mungkin terlihat sedikit pudar dan kusam, serta terasa kering dan kasar.

Lalu mengapa air di kolam membuat rambut kamu menjadi hijau dan bukan air di rumah? Nah, air di rumah kita tidak mengandung klorin, karena kita menggunakan air yang mengalir ya teman-teman. Ketika klorin menempel pada endapan mineral yang sudah ada di air kolam, mereka membentuk sejenis lapisan film yang menempel pada setiap helai rambut. Inilah sebabnya mengapa rambut kita lebih mungkin berubah menjadi hijau di air kolam. Orang yang memiliki warna rambut lebih terang cenderung memiliki warna hijau pada rambutnya setelah berenang. Namun, orang dengan rambut gelap rambutnya akan berubah menjadi pirang.

Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut

Sekarang setelah kamu mengetahui ilmu di balik klorin dan pengaruhnya terhadap rambut indah kamu, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana Cara Menghilangkan Klorin Dari Rambut. Simak tips dan trik kami agar kamu bisa merawat rambut dengan benar saat berenang, yaitu:

  • Basahi Rambut Sebelum Berenang. Untuk memperlambat proses klorin meresap ke dalam rambut, basahi rambut kamu sebelum terjun ke kolam. Jangan menggunakan sampo, cukup basahi dengan air bersih saja ya. Bayangkan rambut kamu seperti spons, ia menyerap segalanya. Namun jika rambut kamu sudah di rendam dalam air bersih sebelum di celupkan ke dalam kolam. Maka rambut tersebut akan menempel dan menempel pada helaian rambut terlebih dahulu. Klorin tidak akan menempel dengan baik pada helai rambut kamu karena rambut kamu sudah mulai menyerap air. Namun hal yang harus kamu ketahui, hal ini hanya membantu meminimalkan peluang klorin menembus akar saja.
  • Gunakan Produk Yang Melindungi Rambut Dari Klorin. Cara terbaik untuk melindungi rambut kamu dari klorin adalah dengan memastikan kamu menggunakan produk rambut yang tepat. Pilih produk yang alami dan benar-benar akan menambah kelembapan dan nutrisi pada rambut kamu ya teman-teman. Cobalah Shampo renang yang akan membuat rambut kamu halus dan berkilau. Plus memberikan nutrisi yang bagus untuk kulit juga ya teman-teman. Di buat dengan lidah buaya, sampo renang ini melawan klorin dan membuat rambut kamu lembut dan berkilau, dan cukup efektif untuk segala usia ya. Ingatlah untuk menggunakan produk rambut yang merawat dan melembabkan rambut kamu ya teman-teman.

Kelanjutan

Berikut ini adalah Kelanjutan dari cara menghilangkan klorin dari rambut akibat berenang, yaitu:

  • Oleskan Kondisioner Tanpa Bilas Sebelum Berenang. Setelah kamu membasahi rambut dengan air bersih dan sebelum berenang, oleskan kondisioner tanpa bilas pada rambut kamu ya. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, klorin dapat merusak dan mengeringkan rambut kamu. Kondisioner tanpa bilas memberikan perlindungan lebih pada rambut kamu dari penyerapan sebagian klorin ya teman-teman. Selain itu, membantu membuat rambut menjadi terasa lembut sehingga terhindar dari kusut. Jika kamu pernah mencoba menyisir rambut setelah berenang, kamu pasti tahu betapa sulitnya menghilangkan kusut akibat klorin.
  • Kenakan Topi Renang. Mengenakan topi renang adalah cara paling baik untuk melindungi rambut kamu dari klorin saat sedang berenang. Ini membantu rambut kamu menghindari kontak langsung dengan klorin, meskipun tidak berarti rambut kamu tidak mengandung klorin. Jika kamu cukup sering berenang, ini adalah trik terbaik untuk di gunakan. Topi renang sangat cocok untuk anak-anak karena mereka berubah menjadi ikan kecil begitu mereka memasuki kolam hihihi. Di tambah lagi, terdapat desain yang lucu sehingga menarik bagi si kecil. Gunakan juga kondisioner pada rambut kamu sebelum mengenakan topi renang agar tetap lembut dan berkilau ya teman-teman.
  • Kepang Rambut. Jika rambut kamu cukup panjang, kepanglah sebelum kamu berenang. Dengan cara ini, rambut kamu tertahan dan tidak menutupi wajah kamu ya. Mengepang rambut membuat klorin lebih sulit menempel sepenuhnya pada helaian rambut karena beberapa di antaranya tersembunyi di dalam kepang. Terlebih lagi, mengepang rambut kamu akan menjaga semuanya di satu tempat, sehingga kamu tidak akan mendapatkan banyak simpul dan kusut.

Kelanjutan

Berikut ini adalah Kelanjutan dari cara menghilangkan klorin dari rambut akibat berenang, yaitu:

  • Segera Bilas Dan Cuci Rambut Setelah Berenang. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan klorin dari rambut kamu adalah dengan segera membilas dan mencucinya setelah berenang. Kebanyakan kolam renang memiliki pancuran di luar, sehingga kamu dapat membilas rambut dan tubuh dengan cepat setelah berenang. Jika kamu tidak memiliki akses terhadap air bersih di dekat kolam renang, mandilah sesegera mungkin. Kamu tentu tidak ingin membiarkan klorin bertahan lebih lama dari yang seharusnya. Dan ingatlah untuk menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut renang kamu ya. Gunakan shampo yang bisa mengatasi klorin tersebut.
  • Jangan Mengeringkan Rambut Yang Terkena Klorin. Dan setelah mencuci rambut, biarkan mengering dengan sendirinya daripada mengeringkannya dengan pengering rambut. Jika rambut kamu rusak akibat klorin, panas bisa memperburuk keadaan rambut kamu ya. Karena klorin sudah cukup membuat rambut menjadi kering ya teman-teman. Biarkan rambut kamu kering dengan sendirinya, hal ini dapat mengurangi efek dari klorin tersebut. Kemudian kamu bisa mencuci rambut sekali lagi untuk menghilangkan klorin dengan bersih.
  • Gunakan Pengobatan Rumahan. Jika kamu mengalami masalah perubahan warna rambut akibat air kolam, cobalah pengobatan rumahan, seperti; Rendam bagian hijau rambut kamu dalam baking soda, campurkan ½ cangkir baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Dan menggunakan jus lemon, rendam rambut kamu dalam jus lemon asli selama lima menit, lalu cuci dan kondisikan seperti biasa ya. Nah teman-teman, itulah Cara Menghilangkan Klorin.