Panen Cabai Melimpah Di Halaman Rumah

Panen Cabai

Panen Cabai Melimpah Di Halaman Rumah

Panen Cabai
Panen Cabai Melimpah Di Halaman Rumah

Panen Cabai Melimpah Di Halaman Rumah Cukup Dengan Polly Bag Yang Murah Dan Mudah Dalam Perawatan Tanaman. Makanan Indonesia terkenal dengan sambalnya. Tentunya sebagai masyarakat Indonesia tak asing lagi dengan sambal. Bahkan makanan kurang nikmat jika tidak di sajikan dengan sambal.

Cabai merupakan bahan pokok sambal. Yang mana makanan pelengkap ini sangat di gemari oleh semua masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai jenis sambal yang populer di Indonesia. Tentunya beragam jenis sambal ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Meskipun memiliki bahan dan cita rasa yang berbeda, rasa sambal tetap akan pedas. Rasa pedas dari sambal di ciptakan dari bahan pokok pembuatannya yaitu cabai. Faktanya tanaman satu ini dapat dengan mudah di budidayakan.

Sangat mudah membudidayakan tanaman cabai. Bahkan kamu bisa menumbuhkan tanaman satu ini di halaman rumahmu. Cukup dengan menggunakan polly bag tanaman ini dapat tumbuh dengan subur jika di rawat dengan benar. Sehingga kamu bisa Panen Cabai melimpah dengan memanfaatkan halaman rumah.

Memanfaatkan halaman rumah untuk menanam cabai menjadi alternatif pilihan yang menguntungkan untuk para ibu rumah tangga. Pastinya hampir setiap hari membutuhkan cabai untuk di jadikan sebagai sambal pelengkap makanan bagi sebagian orang Indonesia.

Dengan menanam cabai di halaman rumah dapat memudahkan sekaligus menghemat budget belanja bulanan. Yang mana harga cabai meningkat pesat akhir-akhir ini. Pasti terbesit rasa malas untuk merawat bahkan terbesit pikiran bahwa menumbuhkan tanaman ini akan menyita banyak waktu. Padahal sangat mudah untuk membudidayakan tanaman pangan satu ini.

Kamu nggak perlu khawtair,  bahan dan perawatan dalam membudidayakan tanaman ini nggak ribet sama sekali. Simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan cara dan tips menanam cabai yang di jamin berhasil. Tempat sempit seperti halaman rumah pun bisa di manfaatkan untuk menanam hingga Panen Cabai.

Cara Menanam Hingga Panen Cabai Di Halaman Rumah

Cara Menanam Hingga Panen Cabai Di Halaman Rumah harus kamu coba. Di jamin nggak akan rugi malahan kamu akan untung mendapatkan hasil cabai yang melimpah. Tentunya kamu udah nggak sabar untuk mendaptkan cara menaman cabai di halaman rumah ini. Mari kita ulas bagimana cara menanam cabai hingga panen di halaman rumahmu.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli benih cabai. Benih cabai ini bisa kamu dapatkan di toko pertanian online atau yang ada di sekitarmu. Atau benih cabai ini bisa kamu dapatkan dari biji cabai yang biasa kamu gunakan untuk memasak. Namun persentase tanaman hidup akan lebih tinggi benih cabai dalam kemasan di bandingkan dengan benih cabai alami. Benih cabai dari biji cabai akan tetap bisa hidup namun memerlukan perawatan yang ekstra.

Setelah menyiapkan benih cabai, hal kedua yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan tanam. Bahan tanam untuk menanam cabai adalah tanah dan pupuk. Campurkan tanah dan pupuk dengan perbandingan 1 : 1. Kamu bisa menggunkan pupuk organik dari kompos atau urea. Pupuk organik tentu akan membantu menyuburkan tanah untuk menutrisi pertumbuhan tanaman cabai.

Lalu siapkan polly bag atau pot untuk menumbuhkan tanaman cabai. Tuangkan media tanam ke dalam polly bag atau pot yang tersedia hingga 3/4 bagian polly bag. Siram tempat tumbuh tanaman cabai dengan air. Biarkan hingga air meresap ke bawah.

Setelah itu lubangi tanah kurang lebih 1 cm untuk meletakkan benih cabai. Letakkan benih cabai di polly bag. Letakkan kurang lebih 7 – 9 benih cabai dalam 1 polly bag atau pot. Benamkan benih cabai dengan sedikit tanah di atasnya.

Siram sedikit air lalu biarkan tanaman cabai tumbuh dengan sendirinya.

Pentingnya Perawatan Tanaman Agar Menghasilkan Hasil Yang Melimpah

Tanaman cabai yang di biarkan di polly bag akan tumbuh dengan sendirinya. Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu untuk melihat tanaman ini tumbuh dan menghasilkan daun. Namun pastinya untuk menunjang pertumbuhan tanaman cabai yang baik kamu harus melakukan perawatan tanaman. Salah satu hal yang harus di perhatikan adalah Pentingnya Perawatan Tanaman Agar Menghasilkan Hasil Yang Melimpah.

Untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh subur dengan hasil yang melimpah tentu kamu harus merawat dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang di butuhkan tanaman. Tanaman cabai sendiri tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga dengan menanam di halaman rumah pun kamu bisa mendapatkan hasil cabai yang melimpah.

Perawatan tanaman cabai sangat mudah. Cukup dengan di siram air setiap hari maka tanaman ini sudah bisa tumbuh dan berkembang. Sedangkan untuk mendapatkan hasil tanaman yang melimpah kamu bisa melakukkan pemupukan. Pemupukan berfungsi untuk menutrisi tanaman sehingga pertumbuhan akan optimal dan menghasilkan hasil yang optimal.

Tak kalah penting untuk menjaga tanaman cabai dari hama dan penyakit. Perawatan tanaman ini bisa di lakukan dengan menjaga lingkungan tumbuh agar tetap bersih. Jika serangan hama dan penyakit sudah menyebar parah kamu bisa menggunkan pestisida atau insektisida.

Lingkungan Hidup Yang Di Kehendaki Tanaman Cabai

Lingkungan Hidup Yang Di Kehendaki Tanaman Cabai juga tak kalah penting dan harus kamu perhatikan. Tentunya jika berada di lingkungan yang sesuai tanaman akan dapat tumbuh dengan subur. Begitu juga sebaliknya, jika berada di tempat yang tidak sesuai tanaman akan susah untuk tumbuh dan berkembang.

Berikut ini merupakan lingkungan hidup atau syarat tumbuh yang sesuai dengan tanaman cabai:

  • Dataran rendah 0 – 1.000 mdpl
  • Tanah regosol atau andosol
  • Tekstur tanah remah gembur kaya akan bahan organik
  • pH tanah 6 -7
  • Curah hujan 1.000 mm/th
  • Kelembaban 70 – 80%

Di atas merupakan syarat tumbuh yang di kehendaki oleh tanaman cabai untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, meskipun di budidayakan di halaman rumah dengan polybag kamu tetap harus memperhatikan kondisi lingkungan tanaman tersebut.

Kelembaban tanah yang di kehendaki tanaman cabai adalah 70 – 80% sehingga kamu perlu menjaga tanah agar tetap basah dan lembab dengan cara menyiram tanaman setiap pagi dan sore hari. Tanaman cabai juga menginginkan tanah yang kaya akan bahan organik sehingga pilih media tanam dengan pupuk organik.

Tanaman cabai juga membuthkan intensitas cahaya yang cukup banyak. Oleh karena itu letakkan tanaman cabai di tempat yang terkena sinar matahari. Kebutuhan sinar matahari untuk tanaman cabai adalah sebanyak 10 – 12 jam untuk berfotosintesis dan melakukan metabolisme tanaman.

Menanam cabai di halaman rumah tentu akan sangat menyenangkan dan mudah di lakukan. Menanam cabai di halaman rumah juga tidak membutuhkan banyak alat bahan dan biaya yang di perlukan. Budidaya dan perawatan tanaman cabai yang sesuai tentu akan membuahkan tanaman yang tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dengan memperhatikan hal tersebut maka kamu bisa mendapatkan tanaman cabai yang tumbuh dengan optimal. Oleh karena itu kamu bisa setiap hari untuk Panen Cabai.