Pemutihan Karang Terjadi Di Seluruh Dunia

Pemutihan Karang Terjadi Di Seluruh Dunia

Pemutihan Karang Terjadi Di Seluruh Dunia

Pemutihan Karang Terjadi Di Seluruh Dunia
Pemutihan Karang Terjadi Di Seluruh Dunia

Pemutihan Karang Terjadi Di Seluruh Dunia, Inilah Alasan Mengapa Hal Itu Penting Dan Bagaimana Kita Semua Dapat Membantu. Proses Pemutihan Karang mengacu pada fenomena kerusakan dimana karang mengalami stres. Hal ini menyebabkan alga zooxanthellae yang menguntungkan meninggalkan karang. Pada gilirannya, karang di biarkan tanpa sumber makanan utamanya dan kehilangan warnanya sehingga tampak memutih. Jika hal ini terjadi, karang menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Pemutihan Karang dapat terjadi karena sejumlah alasan termasuk, menurut NOAA penyakit alami, praktik penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, sedimentasi, dan perubahan iklim.

Sayangnya, sunscreen juga dapat menyebabkan pemutihan karang karena bahan kimia tertentu seperti oksibenzon di ubah menjadi fototoksin. Molekul-molekul tersebut kemudian menjadi berbahaya jika terkena sinar matahari. Pemanasan air akibat perubahan iklim membuat karang lebih rentan terhadap akumulasi sunscreen dan dampak merusaknya. Para ahli sepakat bahwa sunscreen mineral lebih kecil kemungkinannya menyebabkan kerusakan di bandingkan dengan sunscreen kimia yang mengandung bahan-bahan seperti oxybenzone, octinoxate, octocrylene, atau avobenzone.

Apa itu karang? Ketika banyak dari kita berpikir tentang karang, kita sering membayangkan terumbu karang raksasa yang di penuhi ikan tropis berwarna cerah. Meskipun itu adalah salah satu jenis karang, ada juga karang lunak dan karang perairan dalam yang tumbuh subur di perairan dingin dan dalam ya teman-teman. Karang di kenal sebagai “organisme kolonial,” yang berarti mereka terdiri dari ratusan hingga ribuan polip, yang merupakan hewan individu. Semua karang merupakan bagian integral dari habitatnya, menyediakan tempat berlindung dan sumber makanan penting bagi ikan dan kehidupan laut lainnya di sekitarnya. 

Pemutihan Karang Penting Bagi Lautan

Pemutihan Karang Penting Bagi Lautan karena terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang paling beragam di planet ini. Menurut NOAA, Terumbu karang mendukung lebih banyak spesies per satuan luas di bandingkan lingkungan laut lainnya. Termasuk sekitar 4.000 spesies ikan, 800 spesies karang keras, dan ratusan spesies lainnya. Para ilmuwan memperkirakan bahwa mungkin ada jutaan spesies organisme yang belum di temukan yang hidup di dalam dan sekitar terumbu karang. Hal ini menjadikan terumbu karang sangat berharga bagi kehidupan laut dan kesehatan lautan pada umumnya. Namun, dari semua hubungan yang di miliki karang dengan organisme hidup lain di lingkungannya, hubungan simbiosis antara karang perairan dangkal dan karang pembentuk terumbu dengan zooxanthellae yaitu sejenis alga yang hidup di jaringan karang adalah yang paling penting.

Ganggang ini merupakan sumber makanan penting dan membantu memberi warna pada karang. Menurut National Oceanic Atmospheric Association (NOAA), Karang menyediakan lingkungan yang terlindungi dan senyawa yang di butuhkan zooxanthellae untuk fotosintesis. Sebagai imbalannya, alga menghasilkan karbohidrat yang di gunakan karang sebagai makanan, serta oksigen. Alga juga membantu karang menghilangkan limbah. Karena kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dari hal tersebut, jenis simbiosis ini disebut mutualisme. Karang laut dalam hidup di perairan laut yang jauh lebih dalam atau lebih dingin dan tidak memiliki zooxanthellae. Sebaliknya, mereka mengambil plankton dan bahan organik untuk sebagian besar kebutuhan energinya untuk hidup.

Kehidupan Manusia Di Dukung Oleh Terumbu Karang

Pemutihan karang tidak hanya berdampak pada kehidupan laut saja. Kehidupan Manusia Di Dukung Oleh Terumbu Karang dalam berbagai cara yang berharga. Keanekaragaman hayati terumbu karang, kata NOAA, di anggap sebagai kunci dalam menemukan obat-obatan baru untuk abad ke-21. Banyak obat kini sedang di kembangkan dari hewan dan tumbuhan terumbu karang sebagai obat yang mungkin untuk menyembuhkan kanker, radang sendi, infeksi bakteri pada manusia, virus, dan penyakit lainnya. Selain itu, terumbu karang yang sehat mempunyai dampak besar terhadap stabilitas ekonomi dan lingkungan kita. Terumbu karang yang sehat sangat penting untuk mendukung industri perikanan, pariwisata, dan rekreasi.

Layanan Perikanan Laut Nasional memperkirakan bahwa terumbu karang bertanggung jawab atas nilai komersial perikanan AS sebesar $100 juta. Pengunjung ke terumbu karang menghasilkan miliaran dolar bagi perekonomian lokal. Dan terumbu karang juga membantu melindungi garis pantai dari badai yang merusak dengan memberikan penghalang alami terhadap gelombang, gelombang badai, dan banjir. Serta menyerap hingga 97 persen energi yang di hasilkan oleh peristiwa-peristiwa tersebut. Dengan semakin seringnya terjadinya badai yang lebih merusak karena perubahan iklim, kesehatan terumbu karang menjadi semakin penting bagi manusia. Terakhir, Business Insider mengutip bahwa “ Hingga 85% oksigen yang kita hirup berasal dari laut, namun lautan yang sehat bergantung pada terumbu karang yang sehat.”

Tanpa terumbu karang yang sehat, kita tidak akan bisa hidup di planet yang sehat. Jika kamu bepergian ke daerah yang memiliki terumbu karang, pertimbangkan untuk menghindari berenang di dekatnya atau menyentuh terumbu karang saat kamu berada di dalam air. Berinteraksi dari jarak yang aman tetap memungkinkan kamu menikmati keindahan terumbu karang sekaligus membantu melindungi ekosistemnya yang rapuh. Mengurangi limpasan air hujan dengan memasang taman hujan atau tong hujan dapat membantu mencegah polusi air, dan menggunakan transportasi umum atau menggunakan moda transportasi ramah lingkungan seperti bersepeda atau berjalan kaki dapat membantu mengurangi emisi yang pasti berdampak pada lautan kita. 

Pertimbangan Dalam Melindungi Terumbu Karang

Ada tindakan sehari-hari yang dapat kita lakukan untuk membantu terumbu karang yang terancam. Berikut beberapa Pertimbangan Dalam Melindungi Terumbu Karang, yaitu

  1. Hindari Berinteraksi Dengan Terumbu Karang. Bumi telah memberi kita keindahan yang menakjubkan. Menjadi penjaga terumbu karang dapat membantu melindungi terumbu karang dalam jangka panjang ya teman-teman. Langkah pertama dalam membatasi interaksi dengan terumbu karang adalah mencari tahu apakah ada atau tidak ada terumbu karang di tempat kamu berada. 
  2. Lapisi Pakaian Dengan Pelindung. Dalam hal kesehatan terumbu karang, perlindungan adalah hal yang utama. Mengenakan pakaian pelindung seperti pelindung ruam dan pakaian renang pelindung UV lainnya membantu mengurangi penggunaan kembali sunscreen yang dapat merusak terumbu karang, sekaligus tetap melindungi kulit kamu dari sinar matahari yang berbahaya.
  3. Gunakan Sunscreen Mineral. Bahkan ketika kamu mengenakan pakaian pelindung UV, dokter kulit, dokter anak, dan ilmuwan sepakat bahwa memakai SPF pada kulit yang terpapar sangat penting untuk menjaga kulit kamu aman dari sinar UV yang berbahaya. Saat kamu menggunakan sunscreen, memilih formula mineral sering kali di anggap sebagai pilihan yang lebih baik. Meskipun penelitian tidak dapat memberikan kepastian 100% bahwa sunscreen mineral tidak berdampak pada terumbu karang.
  4. Membuang Sampah Dengan Benar Dan Mendaur Ulangnya. Serta menghindari penggunaan plastik sekali pakai, dapat membantu mengurangi sampah yang berakhir di laut. Menghindari atau meminimalkan penggunaan pupuk membantu mencegah bahan kimia beracun memasuki saluran air dan akhirnya terbawa ke laut, sehingga dapat merusak terumbu karang. Nah teman-teman, itulah alasan penting terjadinya Pemutihan Karang.