Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang

Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang

Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang

Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang
Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang

Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang, Bantu Anak Beralih Dari Tidur Siang Dengan Mengajari Mereka Cara Memiliki Waktu Senggang. Bukan ide yang baik untuk menghentikan kebiasaan tidur siang si kecil ya moms. Mereka membutuhkan masa transisi sebelum mereka menghentikan Waktu tidur siangnya sama sekali. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memperhatikan tanda-tanda yang akan kami sebutkan di bawah ini dan mulai dari sana ya moms. Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda bahwa ia mungkin siap untuk berhenti tidur siang, berikan ia waktu tenang daripada waktu tidur siang.

Misalnya, ketika mereka sudah di jadwalkan untuk tidur siang, letakkan mereka di kamar dan baringkan mereka seperti biasa. Beri mereka aktivitas yang tenang untuk di lakukan, seperti membaca buku, mewarnai, atau mengerjakan puzzle selama jangka waktu tertentu. Lingkungannya juga harus tenang, jadi ini berarti jika anak moms memiliki kakak, mereka juga harus mencari tempat yang tenang untuk di lakukan atau di mainkan di luar. Kali ini harus rutin dan di awasi dengan menggunakan monitor sehingga moms dapat melihat apa yang mereka lakukan yakan.

Jika mereka memilih untuk melakukan aktivitas yang tenang daripada tidur siang dan di lakukan secara konsisten selama beberapa hari, maka mereka baru saja beralih dari waktu tidur siangnya sendiri loh moms. Di sisi lain, jika mereka tertidur menjelang akhir Waktu tenangnya, mereka perlu terus tidur siang. Moms perlu melakukan beberapa hal setelah si kecil berhenti tidur siang. Karena mereka membutuhkan lebih banyak tidur di malam hari, sesuaikan waktu tidurnya untuk mengakomodasi kebutuhan tidurnya. Karena rutinitas waktu tidur mereka perlu di susun setelah di sesuaikan ya moms. Namun pertama-tama, ikuti petunjuk yang di berikan si kecil. Mereka akan memberi tahu moms jika mereka siap berhenti tidur siang. 

Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang

Banyak orang tua yang sering bertanya-tanya kapan Waktu Yang Tepat Untuk Anak Berhenti Tidur Siang. Ini adalah pertanyaan yang bagus karena jadwal harian moms terkadang bergantung pada waktu tidur siang anak moms yakan. Selama tahun pertama kehidupan anak moms, mereka beralih dari lima hingga enam tidur siang per hari menjadi satu atau dua tidur siang per hari. Itu semua karena alasan yang bayi moms tumbuh cukup pesat selama sesi tunda tersebut. Setelah tahun pertama tersebut, si kecil masih membutuhkan sesi-sesi tersebut untuk terus tumbuh dan berkembang. Anak usia prasekolah membutuhkan sekitar 13 jam tidur per hari. Meskipun waktu tidur siang biasanya tidak di perhitungkan pada usia tiga atau empat tahun, beberapa anak masih dapat tidur siang bahkan pada usia lima tahun. Kapan mereka berhenti tidur siang berbeda-beda pada setiap anak. Setiap anak di ciptakan secara unik, dan beberapa anak hanya membutuhkan lebih banyak tidur daripada yang lain.

Tanda Anak Siap Berhenti Tidur Siang

Berikut ini adalah Tanda Anak Siap Berhenti Tidur Siang yang harus di ketahui ya moms, yaitu:

  1. Kesulitan Tertidur Saat Tidur Siang. Anak moms akan memberi tahu moms kapan is siap untuk berhenti tidur siang ketika dia menjadi gelisah selama rutinitas tidur siang normalnya. Mereka lebih suka bermain daripada tenang dan sulit untuk tidur.
  2. Tidak Ingin Tidur Di Malam Hari. Saat waktu tidur tiba, tiba-tiba anak prasekolah moms mendapat energi yang besar. Mereka berebut waktu tidur dan butuh beberapa saat untuk tertidur. Jika ini terjadi di setiap malam hari, si kecil mungkin sudah siap untuk berhenti tidur siang di siang hari ya moms.
  3. Tetap Terjaga Sepanjang Hari. Beberapa anak mencoba menolak waktu tidur siang di siang hari namun akan tidur siang di sore hari, terutama jika mereka sedang bermain. Anak-anak yang sudah siap untuk berhenti tidur siang bahkan tidak akan tidur siang dan akan bisa tetap terjaga sepanjang hari, bahkan dalam perjalanan jauh dengan mobil.
  4. Tidak Ada Perubahan Dalam Suasana Hati Mereka. Transisi dari tidur siang bisa jadi sulit bagi sebagian anak dan membuat suasana hati mereka buruk, terutama di sore hari. Jika si kecil sudah siap untuk berhenti tidur siang, mereka tidak akan mengalami rasa galau di malam hari dan mereka akan merasa senang. Sekarang, setiap anak mengalami pasang surutnya masing-masing ya moms. Anak moms akan memberi tahu moms bahwa mereka sudah selesai tidur siang ketika suasana hatinya sedang baik hampir sepanjang hari, terutama saat makan malam.
  5. Tidur Nyenyak Di Malam Hari Tanpa Tidur Siang. Moms bisa yakin bahwa sudah waktunya untuk membatasi waktu tidur siang dan mengakhirinya ketika si kecil sudah tidur nyenyak di malam hari tanpa tidur siang. Anak moms akan tidur pada waktu yang cukup baik dan bangun dengan segar, dan tidak mudah tersinggung. Dan ketika waktu tidur tiba, si kecil tertidur dengan mudah ya moms.

Tanda Anak Masih Perlu Tidur Siang

Di sisi lain, anak moms mungkin masih perlu tidur siang dan mungkin berusaha menunda hal yang tidak dapat di hindari. Berikut Tanda Anak Masih Perlu Tidur Siang, yaitu:

  1. Perilaku Aneh. Si kecil akan memberi tahu moms bahwa mereka masih perlu tidur siang di siang hari ketika mereka mengalami perilaku aneh yang terus-menerus. Setiap anak kadang-kadang akan mengalami perilaku aneh. Saat inilah sulitnya memiliki waktu bersama keluarga di malam hari karena sifat lekas marah kini sudah menjadi hal sehari-hari. Setiap orang bahkan orang dewasa menjadi mudah tersinggung ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang di butuhkan tubuh mereka.
  2. Lelah. Meski terdengar ironis, beberapa anak tetap terjaga saat mereka kelelahan. Artinya tubuhnya sudah melewati titik kelelahan dan si kecil tidak tahu harus berbuat apa. Jika anak moms terlalu lelah, mereka akan mulai; menangis sebelum tidur, menguap, enggosok mata mereka, dan menjadi gelisah. Jika mereka menunjukkan tanda-tanda kelelahan, itu berarti mereka belum siap untuk berhenti tidur siang.
  3. Tertidur Terlalu Awal. Apakah anak moms langsung tertidur setelah makan malam, atau bahkan di meja makan? Perilaku ini merupakan tanda pasti bahwa si kecil masih perlu tidur siang. Sesekali si kecil memiliki hari yang sibuk dan mereka lelah karena semua kegembiraan, tetapi jika ini terjadi terus-menerus, moms mungkin perlu menambah atau mengembalikan waktu tidur siangnya.
  4. Tidur Di Pagi Hari. Dengan satu atau lain cara, anak moms akan bisa tidur nyenyak, dan tidur larut malam mungkin adalah solusinya. Mungkin akan lebih sulit untuk membangunkan mereka di pagi hari, atau ketika mereka bangun, mereka menjadi sangat rewel dan mudah tersinggung. Hal ini karena mereka tidak mendapatkan tidur yang mereka perlukan di siang hari. Jadi mereka mencoba untuk menggantinya di malam hari dan ternyata tidak cukup ya moms. Nah moms, hal ini hanya membutuhkan Waktu.