Perjalanan Band Tipe-X Di Dalam Dunia Musik

Perjalanan Band Tipe-X

Perjalanan Band Tipe-X Di Dalam Dunia Musik

Perjalanan Band Tipe-X
Perjalanan Band Tipe-X Di Dalam Dunia Musik

Perjalanan Band Tipe-X Di Bentuk Pada Bulan September Di Tahun 1995 Yang Sudah Di Motori Oleh Tresno Riadi Dan Juga Yoss. Awal mula kelompok ini hanya menggunakan sebuah nama Headmaster untuk nama band mereka. Namun pada akhirnya mereka memilih sebuah nama yaitu Tipe-X untuk bisa memudahkan semua orang yang mengingat nama band mereka. Grup mereka beranggotakan 6 orang. Anggota tersebut ada Tresno Riadi (vokal), juga Micky sebagai (bass), ada Yoss sebagai (gitar), Arie Hardjo sebagai (drum) dan juga Anto sebagai (trombone).

Saat band Headmaster ini terbentuk hanya ada enam orang saja. Yaitu Tresno sebagai vokal, Micky bass, Ari sebagai gitar utama – gitaris Padi, Yoss sebagai gitar ritme, Gatz sebagai kibor, serta Hendro sebagai drum di tahun 1992. Pada awal kemunculannya. Mereka hanya membawakan sebuah lagu dari grup musik lain, seperti sebuah lagu Alternative Rock dari Red Hot Chilli Peppers dan juga Rage Against The Machine.

Selanjutnya di tahun 1995, ada sejumlah perubahan serta Perjalanan Band Tipe-X karena adanya orang baru bernama Irul, sebagai gitaris utama yang menentukan sebuah posisi Ari. Kehadirannya Irul ternyata sudah mendengarkan sebuah performa band mereka. Perubahan lainnya, pada band mereka mulai memainkan Ska, dari aliran musik pada kala itu sangat jarang untuk di mainkan di Indonesia.

Saat mereka memainkan sebuah lagu-lagu dari grup band luar seperti Voodoo Glow Skull, Operation Ivy dan juga Mighty- Mighty Bosstones. Namun, pada akhirnya mereka sudah menggantikan dengan membawah sebuah lagu dari ciptaan lagu mereka sendiri. Sehingga hal tersebut sudah membuat Perjalanan Band Tipe-X sudah terlihat berbeda dan juga semakin di kenal sama penggemar musik di tanah air. Jadi perjalanan mereka bukan sampai sini saja, kami akan membahas lebih detail lagi mengenai hal tersebut. Maka dari itu simak terus pembahasan kami.

Band Tipe-X Juga Pernah Menjadi Salah Satu Juara Untuk Favorit Festival Musik Alternatif Di Kota Menteng Pada Tahun 1995

Pada saat bulan Maret, masuklah orang baru bernama Andi Toha yang sudah mengisi posisi brass section dan juga additional player untuk alat musik trombon yakni Edhot. Masuknya kedua orang personel ini semakin mengentalkan sebuah nuansa untuk Ska miliki Tipe-X. Billy. Adik kandung dari Tresno pun sudah ikut bergabung dengan band Tipe-X dan ia sebagai gitaris untuk menggantikan posisi gitaris utama yang dulunya di isi oleh Irul. Kini posisi additional player peniup alat musik trombon yang semuanya di isi oleh Edot. Kemudian sudah di gantikan oleh Anto, adik kandung dari Edhot.

Festival-festival musik sampai ada panggung-panggung underground di kota Jakarta dan juga di sekitarnya mereka jaja. Band Tipe-X Juga Pernah Menjadi Salah Satu Juara Untuk Favorit Festival Musik Alternatif Di Kota Menteng Pada Tahun 1995. Pada akhirnya mereka sudah membuat berbagai demo lagu, lalu band Tipe-X sudah berinisiatif untuk mengirimkan sebuah demo lagu Frustasi untuk ke sebuah acara Ekspresi Indosiar.

Salah satunya pada acara musik yang sudah memiliki sebuah penonton cukup banyak dan juga bergengsi saat itu. Dan mereka juga mengirimkan sebuah demo lagi untuk Bebas Pusing pada acara IndieLapan di radio Prambors dan mereka masuk ke peringkat lima. Setelah mereka melakukan hal itu membuat tawaran panggung mereka semakin banyak. Jadi hal ini membuat band mereka semakin di kenal banyak orang karena sudah di tawarkan panggung untuk band mereka.

Ketika lagu-lagu yang di ciptakan mereka sudah terekam di sekitar 10 lagu, kini Tipe-X pun sudah mulai untuk mencoba memasukkan demo lagu ke suatu major label. Namun, mereka ingin menawarkan sebuah konsep Ska versi Tipe-X untuk rencana mereka jika tidak di terima, dan mereka akan menempuh ke suatu jalan Indie Label. Kini mereka tidak menyangka bahwa musik Tipe-X. Akhirnya sudah tembus juga ke sebuah industri rekaman di akhir dekade 90-an.

Mengaransemen Kembali Berbagai Lagu-Lagu Yang Sudah Pernah Mereka Buat Sendiri

Untuk bisa memperbaiki sebuah kualitas debut album, kini Tipe-X sudah Mengaransemen Kembali Berbagai Lagu-Lagu Yang Sudah Pernah Mereka Buat Sendiri. Saat mereka menjagokan sebuah lagu “Frustasi” dan juga “Bebas Pusing”. Ternyata Pops sebagai produser lebih memilih sebuah lagu Genit yang di mana di bikin dengan cara mendadak. Pada debut album band Tipe-X yang berjudul “SKA Phobia”. Akhirnya sudah rilis di bulan Juni 1999 dan sudah beredar di semua pasaran melalui label rekaman pada Pops musik tersebut. Yang di bawah naungan seorang Aquarius Musikindo sebagai distributor.

Sampai saat ini band Tipe-X sudah mengeluarkan tujuh album, yaitu: SKA Phobia di tahun (1999). Mereka Tak Pernah Mengerti tahun (2001), Super Surprise tahun (2003). Ada juga Discography Hitam Putih tahun (2005), sebuah Album Kompilasi / The Best A Journey tahun (2007). Serta Festival Perasaan pada tahun (2009). Album tersebut di bawah oleh naungan Michelin Records dan juga SEVEN pada tahun (2012) juga di bawah naungan Off The Record (kini sudah di kenal sebagai Bahaya Records).

Untuk pergantian formasi terjadi, kini posisi Hendro sebagai (drum) sudah di gantikan oleh Aditya Pratama (Adi), mantan penggebuk dari drum grup Teaser. Sehingga band Tipe-X sudah semakin rajin untuk mengeluarkan sebuah album barunya. Di tahun 2003, terutama album ketiga yaitu “Super Surprise” juga sudah mendapatkan suatu sambutan yang positif dari seorang penggemarnya yakni X-Friends.

Mereka masih mengikuti sebuah pola perilisan pada album sebelumnya setiap 2 tahun. Di tahun 2005, band Tipe-X juga mengeluarkan sebuah album yang keempat berjudul “Discography Hitam Putih”. Album tersebut juga masih di produksi oleh Pops Musik. Perilisan sebuah album ini sudah bertepatan dengan ulang tahun kesepuluh band mereka. Nah, jadi untuk perjalan band mereka memang cukup panjang. Jadi anda harus bisa simak pembahasan kami terutama untuk fansnya Tipe-X.

Menggebrak Suatu Ranah Hiburan Dan Meluncurkan Album Baru Mereka

2 tahun setelah itu mereka telah merilis suatu album Kompilasi/The Best“ A Journey” yang telah di luncurkan di tahun 2007 buat album kelima mereka. Pada album ini telah berisi 3 lagu baru serta pula terdapat beberapa lagu-lagu lawas. Yaitu Sakit Hati, Centil, Salam Rindu, Mawar Gelap. Serta pula terdapat suatu lagu baru yang bertajuk Kalian Penipu ciptaan Tresno, album ini telah berhasil serta terjual 120.000 kopi.

Selepas mereka vakum sepanjang 2 tahun lebih, serta di tahun 2009 band Tipe-X kembali untuk Menggebrak Suatu Ranah Hiburan Dan Meluncurkan Album Baru Mereka. Buat album keenam mereka bertajuk “Festival Perasaan” perihal ini senantiasa mengusung suatu konsep Ska. Tetapi dengan terdapatnya suatu sentuhan yang sedikit berbeda serta mereka mengaitkan 3 orang drummer. Saat ini Tipe-X telah memutuskan buat senantiasa setia di jalan musik mereka.

Di single Ciuman Awal di seleksi oleh Tipe-X buat single andalan mereka. Single tersebut telah berduet dengan seseorang penyanyi asal negeri Kanada yang bernama Chelssie Baker. Dia telah lumayan fasih buat bernyanyi memakai bahasa Indonesia. Chelssie juga, telah di bantu dengan Marcell Siahaan buat dapat memproses penggarapan suatu album Tipe-X tersebut. Buat pengalaman manis serta pula getir mereka, saat ini Tipe-X telah merilis suatu single terkini mereka bertajuk “Boyband”. Saat ini mereka di dasar bendera Offbeat Musik Indonesia kepunyaan seseorang Benjamin Renhat seseorang label dan management mereka.

Pada single ini merupakan suatu single pembuka buat suatu album yang ke-7 mereka. Seven yang telah di luncurkan dikala tahun 2012 pula di dasar oleh Offbeat Musik Indonesia. Tipe-X telah berharap buat album baru mereka supaya dapat memuaskan kerinduan pada X-Friends. Maraknya buat tren boyband pada dunia musik Indonesia telah membuat Tipe-X menghasilkan suatu lagu yang bertajuk “Boyband”. Di album “Seven” Tipe-X pula telah menyelipkan suatu lagu buat menunjang pesepakbola Indonesia yang di mana bertajuk “Indonesia Juara”. Itulah sebuah Perjalanan Band Tipe-X.