Manfaat Calendula Yang Menakjubkan Untuk Kulit

Manfaat Calendula Yang Menakjubkan Untuk Kulit

Manfaat Calendula Yang Menakjubkan Untuk Kulit

Manfaat Calendula Yang Menakjubkan Untuk Kulit
Manfaat Calendula Yang Menakjubkan Untuk Kulit

Manfaat Calendula Yang Menakjubkan Untuk Kulit, Calendula Memiliki Sifat Anti-Inflamasi Dan Dapat Membantu Menenangkan Kemerahan & Peradangan. Menggunakan tanaman untuk merawat tubuh kalian adalah hal yang populer saat ini loh beauty enthusiast. Dan untuk alasan yang bagus, tumbuhan ini mampu memberikan dukungan penyembuhan yang alami dan menenangkan. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui satu tanaman tertentu yaitu calendula dan manfaatnya bagi kita ya beauty enthusiast. Selain melihat Manfaat Calendula, kami akan membahas apa itu tanaman ini dan bagaimana kamu dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, apa itu calendula? Calendula adalah bunga yang indah. Bunganya memiliki kelopak berwarna kuning cerah atau oranye cerah dan dapat tumbuh setinggi satu atau dua kaki. Tanaman ini, yang secara ilmiah di kenal sebagai Calendula officinalis berasal dari Mediterania, tetapi sekarang di tanam di seluruh dunia.

Calendula adalah bagian dari keluarga Asteraceae atau Compositae, bersama dengan kamomil, krisan, dahlia, dan marigold. Selama bertahun-tahun, calendula tidak hanya di gunakan dalam makanan dan teh tetapi juga sebagai pewarna. Namun, tentu saja ada alasan lain mengapa banyak yang menyukai calendula. Calendula juga memberikan manfaat yang signifikan bila di aplikasikan pada kulit kita loh beauty enthusiast. Calendula mengandung asam lemak yang membantu melembabkan dan menghidrasi kulit kamu. Itu berarti calendula dapat membantu kamu mengatasi kulit kering. Kandungan calendula juga memiliki kemampuan untuk membantu mengencangkan kulit sehingga mencegah kerusakan kulit dan juga menunda proses penuaan loh. Tanpa basa-basi lagi, kami akan memberi tahu kalin tentang Manfaat Calendula tersebut dan mengapa kami tertarik untuk membahas tanaman ini.

Manfaat Calendula Untuk Kulit

Dalam sebuah artikel berjudul “Tinjauan tentang aspek fitokimia dan etnofarmakologis dari genus Calendula,” para peneliti mencatat, “Studi farmakologis mengungkapkan bahwa C. officinalis menunjukkan sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, anti-tumor dan antioksidan.” Mari kita lihat lebih dekat secara spesifik kalau calendula dapat membantu merawat kulit kita. Berikut Manfaat Calendula Untuk Kulit, yaitu:

  1. Calendula Bersifat Anti-Inflamasi. Calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan kemerahan dan peradangan serta meredakan ketidaknyamanan kulit. Selain menenangkan untuk semua jenis kulit, calendula juga dapat meredakan kondisi seperti eksim atau ruam popok loh beauty enthusiast.
  2. Calendula Melembabkan Kulit. Kulit kita memiliki pelindung alami yang membantu menjaga hidrasi tetap masuk dan mencegah hal-hal yang tidak di inginkan seperti polusi dan iritasi. Penghalang ini dapat terganggu karena berbagai alasan dan membuat kulit kamu kering dan mudah teriritasi. Calendula mengandung asam lemak yang membantu melembabkan dan menghidrasi kulit kamu. Itu berarti calendula dapat membantu kamu mengatasi kulit kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga dapat membantu menunda penuaan kulit, yang membawa kita ke poin berikutnya ya.
  3. Calendula Dapat Membantu Menunda Penuaan Kulit. Sebuah penelitian berjudul “Ekstrak Calendula: Efek Pada Parameter Mekanik Kulit Manusia,” mencatat bahwa dalam penelitian tersebut, calendula meningkatkan hidrasi kulit, yang “juga dapat mencegah perubahan kulit dan penuaan dini.” Mereka juga mencatat bahwa “di temukan bahwa formulasinya memiliki kemampuan untuk membantu kekencangan kulit sehingga mencegah kerusakan kulit dan juga menunda proses penuaan.” wow mantep banget kan beauty enthusiast.

Kelanjutan

Berikut ini adalah Kelanjutan dari manfaat calendula untuk kulit ya beauty enthusiast, yaitu:

  1. Calendula Bisa Menyembuhkan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan salep calendula meningkatkan waktu penyembuhan kulit pada wanita yang pernah menjalani operasi caesar. Calendula memiliki sifat antioksidan, tanaman ini dapat memfasilitasi penyembuhan luka melalui efek antioksidan yang penting. Calendula dapat membantu mencegah infeksi pada luka, yang mungkin tidak hanya di sebabkan oleh efek imunomodulasi tanaman, tetapi juga karena efek antimikroba. Hebatnya ia tidak hanya mengobati luka besar atau operasi seperti operasi caesar untuk mendapatkan manfaat calendula. Ia juga menyembuhkan luka kecil pada kulit seperti gigitan serangga, lecet, dan luka kecil lainnya loh.
  2. Calendula Sangat Lembut. Kami telah menyebutkan bahwa calendula bersifat antiinflamasi, menghidrasi, anti penuaan, dan mempercepat penyembuhan luka melalui sifat antioksidan dan antimikroba. Namun yang paling kami sukai dari calendula adalah ia memberikan semua manfaat tersebut sekaligus sangat lembut di kulit kita loh beauty enthusiast. Sangat lembut sehingga aman untuk bayi dan juga orang dengan kulit sensitif.
  3. Calendula Itu Alami. Salah satu alasan banyak orang menyukai calendula sebagai bahan produk perawatan kulit adalah karena calendula berasal langsung dari alam. Namun penting agar produk perawatan kulit kamu mengandung lebih dari sekadar bahan alami dan bermanfaat seperti calendula dan bahan lainnya. Kamu juga ingin memastikan bahwa produk tersebut bebas dari bahan kimia tertentu yang meragukan bukan beauty enthusiast. Di bawah ini, kita akan membahasnya sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mendapatkan manfaat calendula dalam kehidupan sehari-hari kamu ya.

Cara Memilih Produk Perawatan Kulit Alami

Berikut ini adalah Cara Memilih Produk Perawatan Kulit Alami ya beauty enthusiast. Produk perawatan kulit yang mengandung tumbuhan, mineral, dan bahan-bahan yang berasal langsung dari alam dapat menutrisi kulit kamu dengan cara yang tidak dapat di lakukan oleh bahan lain. Ada baiknya kamu memastikan bahwa produk yang kamu gunakan pada tubuh kamu dan keluarga tidak mengandung bahan kimia atau alergen yang dapat membahayakan tubuh atau mengiritasi kulit kalian. Berikut beberapa bahan yang harus dihindari.

  1. Sulfat. Kamu mungkin pernah mendengar pembicaraan tentang sampo bebas sulfat. Ini biasanya mengacu pada dua senyawa spesifik: sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laureth sulfate (SLES). Salah satu kekhawatiran mengenai sulfat adalah bahwa selama proses pembuatan SLES, zat karsinogenik yang di sebut 1,4 di oksan dapat masuk ke dalam senyawa tersebut. 
  2. Paraben. Paraben merupakan bahan pengawet yang di gunakan untuk meningkatkan umur simpan produk perawatan kulit, juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kamu.
  3. Phthalate. Phthalates merupakan bahan pembuat plastik dan di gunakan dalam segala macam benda, namun ketika di gunakan dalam kosmetik, phthalates membantu wewangian mengikat produk. Namun, mirip dengan paraben, bahan ini dapat mengiritasi kulit dan mengganggu hormon kamu loh, misalnya kerusakan sperma, cacat alat kelamin, dan pubertas dini.
  4. Wewangian Sintetis. Wewangian sintetis di anggap sebagai salah satu dari lima alergen teratas yang di ketahui. Masalah lainnya adalah banyaknya bahan berbeda yang dapat di masukkan ke dalam wewangian sintetis, yang sering kali hanya di cantumkan sebagai “wewangian” atau “parfum” pada daftar bahannya. Artinya, banyak bahan kimia yang meragukan tersembunyi di dalam bahan yang satu ini.
  5. Alergen. Meskipun tidak semua orang perlu menghindari alergen tertentu, bagi sebagian orang, produk perawatan kulit harus bebas dari alergen seperti gluten, produk susu, kedelai, kacang tanah, dan banyak lagi. Jika kamu menghindari bahan tertentu, cukup periksa label produk yang kamu minati. Nah teman-teman, itulah Manfaat Calendula.