Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia
Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Sajian Es Tradisional Yang Menggugah Selera Dari Berbagai Daerah Di Indonesia Berikut Ini Jarang Di Ketahui Oleh Banyak Orang. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi di dalamnya. Budaya Indonesia tidak hanya di cerminkan di dalam tradisi daerah melainkan juga warisan kuliner yang kaya. Hal ini dapat kita lihat dari setiap daerah yang memiliki makanan maupun minuman khas daerah tersebut. Terdapat keunikan dan cita rasa tersendiri di setiap makanan maupun minuman khas daerah tersebut. Dari Sabang sampai Merauke pastinya terdapat setiap makanan dan minuman dengan cita rasa yang khas dan sangat beragam. Makanan dan minuman ini menjadi warisan kuliner yang di wariskan secara turun temurun oleh masyarakat setempat.

Makanan dan minuman ini tak terkecuali sajian yang segar-segar seperti sajian es yang sangat unik dari setiap daerah Indonesia. Tentunya setiap wilayah Indonesia memiliki sajian es yang segar dan beragam satu sama lain. Es yang terdapat di Indonesia juga sangat beragam mulai dari es tradisional yang ada sejak zaman dahulu hingga es modern yang sedang tren. Biasanya masyarakat Indonesia akan menyediakan sajian es tradisional ini pada bulan Ramadhan untuk di jadikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Bulan Ramadhan tentunya akan menjadi momen di mana jenis-jenis es populer untuk di jadikan sebagai sajian berbuka puasa. Es yang segar dapat menjadi sajian yang pas untuk melepas dahaga setelah satu harian penuh berpuasa. Oleh karena itu tidak heran berbagai jenis es akan di jajakan sebelum waktu berbuka puasa. Es tradisional juga akan mudah kita jumpai pada saat bulan puasa karena banyak yang menjualnya. Maka dari itu kita dapat mengenali es tradisional segar yang dapat memanjakan lidah kita saat menyantapnya. Namun beberapa jenis es tradisional biasanya hanya terdapat di daerah tertentu dan hanya di kenali oleh masyarakat setempat.

Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Indonesia

Berikut beberapa Sajian Es Tradisional Dari Berbagai Daerah Indonesia yang jarang di ketahui oleh banyak orang.

1. Es Laksamana Mengamuk, Kepulauan Riau

Es Laksamana Mengamuk, Kepulauan Riau sangat unik dan memilik sejarah tersendiri dari pembuatan namanya. Konon katanya di zaman dahulu terdapat seorang laksamana yang istrinya telah di bawa kabur oleh orang yang memiliki kebun buah Kweni. Buah-buah Kweni yang jatuh ini selanjutnya di olah oleh warga setempat menjadi minuman segar dengan nama Es Laksamana Mengamuk. Kweni kemudian di campurkan dengan santan dan gula pasir yang semakin menambah kenikmatan es tradisional yang satu ini.

2. Es Durian, Sumatera Barat

Es Durian, Sumatera Barat cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun luar kota Padang. Untuk membuat sajian minuman segar ini, daging durian di pisah dahulu dari bijinya lalu di siram ke atas es serut. Kemudian di siramkan susu kental manis di atasnya untuk menambah rasa manis dari es tersebut. Selain susu kental manis, terdapat juga beberapa es durian yang memiliki topping tambahan berupa cincau dan kolang kaling.

3. Es Kacang Merah, Sumatera Selatan

Es Kacang Merah, Sumatera Selatan menjadi sajian khas daerah Sumatera Selatan dan biasanya di jadikan sebagai menu berbuka puasa. Jenis es ini berisi santan, kacang merah, susu kental manis serta bermacam jenis pelengkap lainnya seperti dawet, cincau, nangka dan juga tape.

4. Es Serbat Kweni, Lampung

Es Serbat Kweni, Lampung mirip juga seperti Es Laksamana Mengamuk. Namun es ini terbuat dari potongan buah Kweni yang di campurkan dengan selasih dan gula merah. Selain menggunakan gula merah, beberapa varian juga tersedia dengan campuran gula putih. Di karenakan memakai buah kweni yang tersedia musiman, minuman khas Lampung ini hanya dapat kita jumpai pada musim Kweni.

5. Es Goyobod, Jawa Barat

Es Goyobod, Jawa Barat ini dapat di katakan sebagai perpaduan antara es campur dan es teler. Ciri khas dari es ini adalah terdapat pelengkap seperti kelapa, alpukat, serta cendol hunkwee di dalamnya. Penjual Es Goyobod mudah untuk kita jumpai dengan adanya pedagang yang menyerut es buatannya sendiri dari papan kayu.

6. Es Rujak Gobet, Jawa Timur

Es Rujak Gobet, Jawa Timur dapat dengan mudah kita temui di sekitar daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sebenarnya es ini merupakan rujak serut yang di padukan dengan es puter. Terkadang rujak juga hanya di campurkan dengan es batu saja. Es ini cukup unik karena memiliki cita rasa yang pedas, asam serta manis dan segar karena di sajikan dalam keadaan dingin.

7. Es Tape, Nusa Tenggara Barat

Es Tape, Nusa Tenggara Barat juga biasa di sebut dengan es poteng dan merupakan menu es khas dari daerah Lombok. Kemudian es tape di buat dari campuran susu cair, tape, es batu serta santan kelapa.

8. Es Kuwut, Bali

Es Kuwut, Bali sangat terkenal karena merupakan menu es khas Bali yang sangat menyegarkan tenggorokan. Nama es ini di adopsi dari Bahasa Bali yaitu Kuwut yang berarti kelapa. Es kuwut terbuat dari bahan melon, daging kelapa muda, biji selasih, air jeruk nipis, es batu serta sirup gula. Kemudian rasanya juga manis dan asam yang sangat menyegarkan sehingga cocok untuk di konsumsi saat berbuka puasa.

9. Es Nangka Selasih, Kalimantan Selatan

Es Nangka Selasih, Kalimantan Selatan adalah perpaduan dari biji selasih serta buah nangka yang segar. Pada umumnya sajian es ini dapat kita temukan dengan mudah di wilayah Banjarmasin. Kemudian terdapat rasa asam segar dari es ini yang berasal dari perasan air jeruk nipis.

10. Es Pisang Ijo, Sulawesi Selatan

Es Pisang Ijo, Sulawesi Selatan merupakan sajian es khas di wilayah Sulawesi Selatan terutama Makassar. Ciri khas dari minuman ini adalah pisang yang di balut dari adonan tepung terigu dan berwarna hijau. Es ini juga di sajikan dengan sirup, es, susu, serta bubur sumsum. Ciri khas pisang ijo dari es lainnya adalah bentuk pisangnya yang di lapisi dengan adonan berwarna hijau serta bubur sumsum.

11. Es Brenebon, Sulawesi Utara

Es Brenebon, Sulawesi Utara merupakan olahan es khas wilayah Manado. Nama Brenebon di ambil dari bahasa daerah setempat yang memiliki arti kacang merah. Oleh karena itu es ini sebenarnya merupakan es kacang merah. Bahan-bahannya juga terdiri dari daun pandan, susu kental manis, gula merah serta es serut. Kemudian es brenebon juga bisa di padukan dengan topping tambahan seperti buah alpukat.

12. Es Buah Matoa, Papua Barat

Es Buah Matoa, Papua Barat terbuat dari buah Matoa yang berasal dari Papua. Buah Matoa mempunyai rasa yang manis dan sedikit kecut. Kemudian buah matoa yang telah di lepas dri bijinya di campurkan dengan berbagai topping yang lain seperti kolang kaling, mangga serta tapeketan. Lalu campuran ini akan di lengkapi dengan tambahan madu, carica, sirup frambozen, es batu serta santan kental.

Itu dia beberapa Sajian Es Tradisional yang terdapat di berbagai daerah Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai warisan kuliner Indonesia berupa Sajian Es Tradisional.